fbpx
Menu

Toko Alkes Terdekat

Alat Pengukur Detak Jantung Terbaik dan Cara Menggunakannya

Alat Pengukur Detak Jantung – Dengan mengetahui denyut jantung, Anda dapat juga mengetahui berapa banyak beban yang Anda pikul. Jantung yang sehat menjadi indikator bahwa Anda juga dapat hidup dengan sehat dan bebas dari penyakit.

Cara Menghitung Detak Jantung 

Alat Pengukur Detak Jantung

Jika Anda ingin menghitung denyut jantung Anda, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dengan menghitung manual dengan stopwatch sampai menggunakan alat pengukur detak jantung seperti Pulse Oxymeter Beurer PO30.

Menghitung detak jantung secara manual akan memiliki hasil yang agak berbeda dengan menggunakan alat khusus. Jika Anda menggunakan alat khusus pengukur detak jantung maka hasil yang muncul akan akurat, namun jika dengan cara manual maka ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Berikut adalah beberapa cara menghitung detak jantung dengan mudah.

  • Posisikan ujung telunjuk dan jari tengah tangan kanan Anda pada sisi telapak pergelangan tangan kiri dengan lokasi tepat di bawah pangkal jempol. Anda juga bisa melakukan cara lain dengan meletakkan ujung telunjuk dan jari ketiga pada leher, tepatnya ada bagian rahang bawah pada salah satu sisi tenggorokan. Saat ingin mengukur detak jantung, pastikan untuk menggunakan tidak menggunakan ibu jari karena denyut pada ibu jari tidak begitu terasa, sehingga dapat membuat Anda kebingungan saat melakukan perhitungan.
  • Berikan tekanan lembut pada jari Anda sampai Anda merasakan denyutannya. Terkadang Anda juga perlu memindah jari ke beberapa spot sampai Anda dapat merasakan denyut dengan jelas.
  • Kemudian hitunglah denyut nadi yang Anda rasakan dalam waktu 15 detik. Lalu kalikan jumlahnya dengan angka empat agar terbentuk jumlah denyut nadi selama satu menit. Agar hitungan lebih akurat, Anda dapat melakukan perhitungan pada denyut nadi selama 15 menit sebanyak tiga kali. Rata – ratakan jumlah ketiganya untuk mendapatkan hitungan yang sesuai.

Denyut Jantung yang Normal dan Tidak Normal

Denyut jantung setiap orang berbeda – beda tergantung pada usia dan kondisinya saat itu. Untuk denyut jantung normal saat istirahat adalah 60 sampai 100 denyut per menit untuk anak usia 10 tahun, orang dewasa dan manula.

Untuk atlet yang dilatih secara teratur maka denyut jantung istirahat rata – rata yang dipunyai adalah 40 sampai 60 denyut per menit. Banyak hal yang mempengaruhi denyut jantung antara lain tingkat aktivitas, obat yang dikonsumsi, kebugaran seseorang, suhu lingkungan, emosi yang dirasakan saat itu, posisi tubuh (duduk atau berbaring, misalnya) dan juga postur badan.

Denyut jantung yang lemah menyatakan bahwa Anda memiliki masalah pada sistem listrik jantung, disebut bradycardia. Denyut yang tergolong lemah adalah dibawah 60 denyut per menit. Jantung yang berdetak dengan lambat artinya tidak dapat memompa darah dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Hal ini dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti lesu, lemah, letih, kebingungan, kepala pusing, mata berkunang – kunang, ingin pingsan dan kadang juga merasakan sesak napas.

Rekomendasi Alat Pengukur Detak Jantung

Harga Pulse Oximeter

Mengukur denyut jantung menggunakan alat adalah cara yang paling efektif dan akurat. Oksimeter pulsa adalah alat yang bukan hanya digunakan untuk mengukur saturasi oksigen dalam arteri namun juga menjadi alat pengukur detak jantung.

Alat pengukur biasanya menggunakan baterai lithium yang dapat diisi jika sudah habis. Pengisian daya dapat dilakukan seperti saat mengisi baterai pada telepon seluler.

Alat ini juga sangat cocok jika digunakan oleh orang yang memiliki gagal jantung, asma bronkial dan penyakit paru-paru kronik lainnya. Orang dengan penyakit seperti itu harus selalu menjaga denyut jantung agar tidak kambuh. Oleh karenanya, denyut jantung harus dipantau terus secara teratur.

Alat pengukur detak jantung yang direkomendasikan adalah Pulse Oxymeter Beurer PO30 yang memiliki banyak fitur. Alat ini dapat menampilkan 4 jenis tampilan dengan pulse grafis.

Untuk Cek Harganya silahkan klik disini:

Harga Pulse Oximeter Beurer PO30

Alat ini berukuran kecil dan ringan sehingga dapat dengan mudah dibawa kemanapun.

Anda bisa membeli Alat ini di B1 Medika. Anda bisa Konsultasikan sebelum membeli untuk memastikan kebutuhan anda dalam pemakain alat ini. Demikian postingan kali ini, semoga bisa membantu. Tunggu kami dipostingan berikutnya. Terima kasih..

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin B1
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

two + 14 =