Menu

Alat Pengukur Gula Darah

Setiap orang yang memiliki riwayat diabetes tentu tidak asing dengan yang namanya alat pengukur gula darah atau glukometer. Sesuai namanya, alat ini berguna untuk mengukur kadar gula darah dalam tubuh. Tersedia berbagai macam alat pengukur gula darah di pasaran.

Tidak semua glukometer akurat dan praktis sehingga kita perlu bijak memilih. Apabila masih ragu menentukan untuk membeli varian yang mana, berikut ini adalah tips dan panduan dalam memilih alat pengukur gula darah.

Apa Itu Alat Pengukur Gula Darah?

Alat pengukur gula darah merupakan perangkat digital yang berguna untuk menghitung kadar gula darah. Biasanya bentuknya mungil segenggaman tangan sehingga fleksibel untuk dibawa dan diletakkan di mana pun. Dengan begitu, pemantauan gula darah bisa dilakukan kapan saja secara intensif.

Pengukuran kadar glukosa dalam darah menggunakan glukometer secara berkala memudahkan penggunanya untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap dalam batas normal. Kadar gula darah yang selalu terpantau akan sangat membantu proses pengobatan diabetes.

Tak hanya bagi penderita diabetes, alat cek gula darah juga bisa digunakan bagi orang sehat maupun yang mempunyai prediabetes. Hal ini penting untuk mewaspadai naik-turunnya gula darah secara drastis yang membahayakan kesehatan.

Panduan Memilih Alat Pengukur Gula Darah

Terdapat berbagai macam alat cek gula darah, mulai dari alat yang khusus hanya mengecek gula darah sewaktu hingga yang sudah canggih bisa mengukur senyawa lain serta dilengkapi memori penyimpanan. Fitur memori tersebut bermanfaat untuk menyimpan data hasil pengujian dan memudahkan manajemen diabetes.

 

Glukometer yang sudah canggih tentu dibarengi dengan harganya yang lebih mahal. Pertimbangan harga diperlukan untuk mempertimbangkan biaya dalam jangka panjang agar tidak merugi.

 

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

Jangan lupa untuk mempelajari fitur-fitur yang dimiliki oleh tiap produk test gula darah. Sebelum akhirnya memutuskan pilihan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa aspek berikut ini:

1. Harga Produk

Dari segi harga, tentu kebanyakan orang akan mengutamakan alat cek gula darah dengan harga murah namun kualitas terbaik. Langkah tersebut memang menguntungkan di awal, namun jika memperhitungkan biaya jangka panjang justru pilihan itu merugikan.

Alat cek gula darah dengan harga murah biasanya memiliki fitur terbatas, tidak tahan lama, dan hasil tesnya kurang akurat bisa membahayakan penggunanya. Belum lagi, beberapa glukometer memerlukan isi ulang strip secara berkala dan ada yang stripnya dijual terpisah.

Biaya jangka panjang yang diperlukan juga harus diperhitungkan. Akan lebih baik jika membeli satu produk dengan harga tidak terlalu murah namun tahan lama dan tidak memerlukan biaya strip.

2. Metode Pengoperasian

Berbagai produk alat pengukur gula darah seringkali berbeda-beda metode pengoperasiannya. Pilihlah perangkat yang pengoperasiannya mudah dan tidak membingungkan.

Ciri-ciri glukometer ramah digunakan bisa dilihat dari hasil tes yang dapat terbaca jelas di layarnya, bentuknya mudah digenggam, stripnya gampang diperoleh, dan sampel ujinya yang hanya perlu sedikit ketika pengetesan kadar gula darah.

3. Kapasitas Memori

Data hasil pengujian gula darah dari waktu ke waktu bermanfaat dalam manajemen pengendalian gula darah agar seseorang dapat mengevaluasi rencana kesehatannya. Untuk itulah, perlu diperhatikan penyimpanan data produk alat pengukur gula darah.

Perangkat dengan penyimpanan otomatis akan mmembantu pengamanan data Anda. Produk yang sudah canggih pasti sudah mempunyai fitur memori. Utamakan produk yang memorinya berkapasitas besar agar rekam jejak kadar glukosa darah dapat terpantau dengan mudah.

4. Fitur Unggulan

Semakin banyak varian produk glukometer yang berlomba-lomba menawarkan fitur khusus yang diunggulkan. Contohnya, ada Fora 6 Plus yang mampu mengukur 6 paramater dalam waktu 5 detik saja. Ada yang menyediakan fitur audio untuk memberitahukan hasil tes.

Ada pula perangkat yang mempunyai akses koneksi USB sehingga memudahkan transfer data dari memori glukometer ke komputer. Tentukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar alat cek gula darah berfungsi maksimal.

Alat Pengukur Gula Darah

Alat Pengukur Gula Darah Terbaik

Dari sekian banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, produk Fora 6 Plus memenuhi hampir keseluruhan indikator. Perangkat ini merupakan glukometer terbaik di dunia karena mampu menghitung 6 parameter sekaligus (gula darah, hemoglobin, asam urat, hematokrit, keton, dan kolesterol).

Harganya seimbang dengan kualitas sehingga hemat dalam jangka panjang. Dilengkapi dengan 1000 set memori dan koneksi USB sehingga membantu proses manajemen gula darah Anda. Fora 6 Plus juga memiliki 3 Penanda Uji Makanan yang jarang ada di produk lain.

 

Indra Bekti dengan Fora 6 Plus

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin B1
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

twelve + eleven =