fbpx
Menu

Apakah Normal Payudara Terasa Sakit Saat Menyusui?

Pasti Bunda menginginkan dapat memberikan ASI hingga usia si kecil 2 tahun kan? Tapi kadang kala terasa sakit pada bagian payudara saat menyusui si kecil. Hal tersebut pastinya membuat Bunda tidak nyaman.

Tapi apakah keadaan sakit tersebut normal dirasakan oleh ibu-ibu lainnya juga ya?

Faktanya   hal tersebut TIDAK BENAR! Walaupun bukan sesuatu hal yang aneh jika pada hari-hari pertama menyusui seorang ibu akan merasa sedikit kurang nyaman pada payudaranya, tapi kondisi ini seharusnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja, dan tidak boleh menjadi sedemikian parahnya, sehingga seorang ibu menjadi takut untuk menyusui bayinya.

 

Rasa sakit yang amat sangat pada puting ketika sedang menyusui menandakan bahwa bayi belum sempurna pelekatannya pada puting. Sakit atau lecet pada puting  yang berlangsung selama lebih dari 3-4 hari tidak boleh diabaikan. Harus segera dicari tahu penyebabnya.

 

Selain itu, Membatasi waktu menyusu pada payudara juga bukan merupakan cara yang tepat untuk mencegah timbulnya puting lecet. Usahakan agar tindakan mengistirahatkan payudara dan puting sakit sebagai solusi yang terakhir. Ya, Bunda. Karena kalau sampai payudara tidak digunakan untuk menyusui ataupun dipompa akan mengakibatkan ASI tidak keluar.  Sebab, seperti yang kita ketahui faktor utama ASI keluar adalah karena seringnya Bunda menyusui dan memompa payudara.

 

So, lebih baik Bunda mempelajari cara pelekatan yang benar kepada orang tua, bidan, atau para ahli daripada hanya memikirkannya sendiri dan berdampak pada mental Bunda sehingga ASI yang dihasilkan malah berkurang.

 

Jangan lupa Bunda juga harus terus mengecek kondisi kesehatan si kecil salah satu caranya dengan mengontol berat badannya menggunakan timbangan bayi Laica bf 2051. Hal ini penting karena asupan gizi yang masuk ke tubuh pada bayi umur 0-6 bulan hanya berasal dari ASI saja.

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

two × one =