Menu

Melahirkan

Bolehkah Ibu Pijat Rileksasi Setelah Lahiran?

Melahirkan merupakan proses panjang yang melelahkan, tetapi juga menyenangkan serta mendebarkan bagi para wanita. Para ibu baru pun kerap kali ingin dipijat untuk mengenyahkan rasa lelahnya. Namun sebenarnya, apakah ibu boleh melakukan pijat setelah melahirkan?

Bolehkah melakukan pijat setelah melahirkan?

Banyak orang memahami jika pijat mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya untuk rileksasi tubuh serta pikiran sampai menyembuhkan nyeri yang dirasakan tubuh. Bagi ibu yang baru melahirkan, Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena sebenarnya kamu boleh melakukan pijat setelah melahirkan, lho.

Kegunaan pijat  sehabis melahirkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan macam pijat lainnya, yaitu:

  1. Melemaskan otot-otot di badan, terutama di bagian perut,, pinggul, dan punggung bagian bawah.
  2. Melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.
  3. Memicu produksi hormon endorfin yang berguna untuk meredakan nyeri tubuh.
  4. Merangsang produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk melancarkan ASI ketika menyusui.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  6. Menanggulangi sindrom baby bluesdan depresi setelah melahirkan.

Selain tidak berbahaya bagi wanita yang melahirkan dengan cara normal, pijat ini juga aman bagi Anda yang baru saja melahirkan dengan cara caesar. Justru dengan pijat dapat mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Ini disebabkan tekanan lembut yang diberikan dapat melancarkan aliran darah sehingga masa penyembuhannya menjadi lebih cepat.

Yang mesti dicermati sebelum melakukan pijat setelah melahirkan

Meskipun kegunaan pijat pasca melahirkan ini membuat kita ingin mencobanya, ada beberapa hal yang mesti Anda cermati. Pijat ini memang aman selama dikerjakan oleh terapis yang berpengalaman.dan memiliki sertifikat.

Bila Anda baru melahirkan dengan cara caesar, ada baiknya tunggu terlebih dadulu hingga bekas luka Anda mongering dan sembuh sebelum memulai pijat.  Biasanya hal ini memerlukan waktu kira-kira 1 sampai 2 minggu, tapi lebih baik lagi tanyakan pada dokter kapan Anda benar-benar sudah pulih.

Jangan memijat area di sekitar bekas luka pada perut agar tidak timbul infeksi atau demam. Ada baiknya pijat diarahkan pada kaki, kepala, lengan, dan punggung Anda yang juga mudah  mengalami pegal-pegal sehabis melahirkan.

Jika Ibu masih merasa tidak nyaman bila harus pergi keluar rumah atau bertemu dengan orang lain (kecuali keluarga), Anda bisa menyiapkan alat pijat sendiri di rumah. Alat pijat yang digunakan ada baiknya yang menggunaka sinar infra merah (infra red). Banyak peralatan medis yang menggunakan sinar infrared  ampuh mengatasi rasa nyeri. Pancaran panas yang dihasilkan infrared dapat membuat kulit dan bagian tubuh lainnya menjadi hangat yang efeknya dapat menghilangkan rasa nyeri tersebut.

(Intip alat pijat yang tersedia di B1 Medika di sini

Yang tidak kalah pentingnya, pastikan si kecil masih dalam pengawasan Anda selama pijat.

About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

4 × three =