Menu

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Gejala & Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi – Suatu kondisi disebut sebagai gula darah tinggi atau diabetes ketika senyawa glukosa mengalami penumpukan di pembuluh darah seseorang. Glukosa yang lama-kelamaan menyumbat aliran darah akan menimbulkan kerusakan organ, sel, dan saraf-sarah dalam tubuh.

Apabila tidak segera ditangani, penderita diabetes akan mengalami kondisi kronis yang disebut ketoasidosis. Lonjakan gula darah memperbesar kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit serius lainnya.

Baca Juga: Gejala Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe 2

Jika seseorang telah melakukan pengecekan kadar gula darah dan hasilnya menunjukkan kadar tinggi di atas 200 mg/dL, sebaiknya mulai waspada.

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

Agar kadar gula darah kembali dalam batas normal, Anda perlu tahu cara menurukannya dengan sehat. Lakukan cara mengatasi gula darah tinggi berikut ini:

1. Jaga Waktu Makan Tetap Teratur

Jika gula darah tinggi, jangan biasakan melewatkan jam makan. Kebiasaan tersebut akan memicu lonjakan gula darah menjadi semakin tinggi. Karena saat seseorang sedang lapar, maka glukosa yang merupakan bahan bakar tubuh akan dikeluarkan dari organ hati sehinggi gula darah dalam tubuh meningkat.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Selain mengatur waktu makan, jenis makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan salah satu pemicu naiknya gula darah adalah karena sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu tinggi kandungan gulanya.

Untuk itu, cara mengatasi gula darah tinggi selanjutnya yaitu melalui penerapan pola makan sehat di keseharian. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti kacang-kacangan, buah dan sayur, atau ikan laut. Sedangkan untuk asupan karbohidrat tidak perlu dihindari.

Anda hanya perlu memilih jenis karbohidrat yang aman seperti kentang, gandum, dan jagung. Sebagai tambahan, konsumsilah kayu manis secara rutin agar gula darah turun secara signifikan.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara teratur bermanfaat untuk membakar glukosa dan mengalirkannya ke jaringan dan otot. Anda tidak harus melakukan olahraga berat yang membuat kelelahan, cukup olahrag ringan seperti jogging, jalan kaki 30 menit, bersepeda atau berenang. Setidaknya dalam seminggu Anda melakukan olahraga minimal 2,5 jam agar glukosa dalam tubuh terbakar.

4. Tidur yang Cukup

Cara mengatasi gula darah tinggi juga bisa dilakukan dengan beristirahat yang cukup. Penelitian membuktikan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami peningkatan berat badan dan glukosa darahnya tinggi. Oleh karena, tidur atau istirahat yang cukup akan menurunkan kadar glukosa dalam tubuh sehingga terhindar dari hiperglikemia.

5. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih dan hindari minuman yang mengandung banyak glukosa untuk mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi air putih setiap hari dapat mencegah terjadinya dehidrasi serta mengurangi glukosa dalam darah.

6. Hindari Stress

Telah banyak penelitian menyimpulkan bahwa stress merupakan pemicu munculnya hormon kortisol dan glukagon. Hormon glukagon itulah yang banyak berperan menaikkan produksi gula darah. Untuk itu, hindari tekanan stress sebisa mungkin untuk mengendalikan kadar gula darah.

7. Rutin Melakukan Pemeriksaan

Pemeriksaan gula darah secara rutin termasuk cara mengatasi gula darah tinggi karena akan membantu pengendalikan gula darah tubuh. Pemeriksaan tidak harus ke rumah sakit karena Anda bisa melakukannya sendiri memakai alat Fora 6 Plus. Alat ini mendeteksi kadar gula darah dengan sampel darah yang sangat sedikit dan proses ujinya hanya 5 detik.

alat cek asam urat

Fora 6 Plus ditunjang dengan fitur 3 Penanda Uji Makanan yang akan memudahkan penggunanya untuk menerapkan pola makan sehat. Karena 3 Penanda Uji Makanan tersebut memungkinkan pengetesan kadar gula darah sebelum, saat, dan setelah makan. Dengan begitu manajemen asupan makanan dan minuman dapat dipantau secara berkala.

Beli Fora 6 Plus: KLIK DISINI

8. Menjalani Pengobatan Insulin

Cara mengatasi gula darah tinggi yang terakhir ialah dengan menjalankan pengobatan insulin. Penyuntikan insulin merupakan opsi terakhir jika seluruh cara di atas tidak kunjung menurunkan kadar gula darah.

Apabila hasil pengecekan kadar gula darah secara berkala menggunakan Fora 6 Plus tetap tinggi ketika Anda sudah menjalankan berbagai langkah di atas, maka segeralah konsultasi ke dokter.

Memang hormon insulin mampu mengurangi gula darah secara drastis, namun langkah tersebut harus atas rekomendasi dan resep dokter. Karena jika berlebihan insulin juga akan memicu terjadinya hiperglikemia.

 

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

Saat ini ada PROMO PAKET SEHAT HEMAT

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin B1
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

12 − 5 =