Menu

Ciri-Ciri Diabetes

Ciri-Ciri Diabetes dan Cara Mencegahnya

Ciri-Ciri Diabetes – Diabetes atau biasa disebut dengan penyakit gula ini merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh lonjakan kadar glukosa dalam darah akibat kerusakan kerja hormon insulin di tubuh. WHO (Badan Kesehatan Dunia) mengatakan bahwa berdasarkan data yang telah dihimpun, orang dengan ciri-ciri diabetes memperoleh perhatian khusus karena jumlah kasusnya selalu bertambah seiring waktu.

Peran gula darah sebetulnya sangat penting dalam metabolisme tubuh, yaitu sebagai sumber energi atau bahan bakar kerja sel dan jaringan. Namun ketika jumlahnya tidak terkendali, gula darah tersebut akan menumpuk di pembuluh darah dan menghambat fungsi organ vital seperti jantung dan otak. Jika semakin parah, diabetes bisa memicu komplikasi penyakit mengerikan lain seperti gangguan ginjal, stroke, jantung koroner, dan penyakit saraf.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri diabetes sebagai langkah deteksi dini. Deteksi dini penyakit diabetes sangat direkomendasikan oleh dokter karena dapat mengurangi resiko perkembangan penyakit menjadi lebih serius. Hal tersebut dikarenakan tidak sedikit penderita diabetes yang telat menyadari gejala sehingga baru berobat ketika kondisi sudah mengarah ke komplikasi.

Baca Juga: Gejala Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe 2

Guna mencegah diabetes dan munculnya penyakit komplikasi lain, Anda perlu memeriksa kadar gula darah secara rutin menggunakan Fora 6 Plus dan juga mengenali ciri-ciri diabetes berikut ini:

1. Intensitas Kencing Meningkat

Saat kadar glukosa dalam darah sangat tinggi, organ ginjal akan secara otomatis berusaha melepaskan glukosa tersebut melalui urine. Penderita diabetes cenderung lebih sering buang air kecil dibanding orang normal. Apalagi ketika malam hari, orang tersebut akan sering bolak-balik ke toilet.

2. Sering Kelelahan

Pada dasarnya merasa kelelahan adalah hal yang wajar dirasakan orang normal sehabis beraktivitas. Namun berbeda dengan penderita diabetes yang selalu merasa kelelahan bahkan ketika tidak melakukan aktivitas apapun. Badan terasa lemah dan tidak bergairah adalah salah efek jika gula darah sedang melonjak.

Penyebabnya yaitu konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Ditambah dengan konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa begitu manis. Jadi, ketika Anda sering merasa mengantuk atau lelah setelah mengonsumsi karbohidrat atau gula segera lakukan pengecekan kadar gula darah dengan Fora 6 Plus karena gejala tersebut adalah ciri-ciri diabetes.

3. Mudah Kehausan

Berkaitan dengan gejala pertama yaitu naiknya intensitas buang air kecil, gejala tersebut akan menyebabkan menurunnya kadar cairan dalam tubuh. Dengan begitu tubuh rentan mengalami dehidrasi sehingga otomatis akan mudah merasa haus. Semakin sering seseorang kencing maka semakin sering juga dia merasakan haus.

4. Sering Pusing

Sakit kepala atau pusing bisa menjadi salah satu tanda gula darah tinggi. Karena ketika tubuh mengalami kekurangan cairan akibat sering kencing, maka asupan cairan di otak juga terpengaruh. Itulah kenapa penderita akan sering mengalami sakit kepala.

5. Penglihatan Tidak Fokus dan Kabur

Ciri-ciri diabetes selanjutnya yaitu ketika mata mulai tidak fokus dan kabur saat memandang apapun. Bagian ini tergolong sangat mengganggu sehingga mudah dideteksi sejak awal. Penyebabnya yaitu gula darah yang tidak lancar mengaliri tubuh ada yang terperangkap di dalam lensa tengah mata sehingga penglihatan mengalami penurunan fokus. Jika gejala ini terjadi dalam jangka panjang berarti tingkat keparahan diabetes sudah semakin tinggi.

6. Gampang Lapar

Saat nafsu makan Anda meningkat daripada biasanya, Anda patut waspada karena mungkin saja gula darah sedang naik. Lapar yang dirasakan penderita diabetes termasuk berlebihan sehingga bisa makan berkali-kali dalam sehari.

Hal yang menyebabkan kondisi tersebut adalah karena kurangnya hormon insulin yang berperan sebagai pengolah makanan di tubuh. Karena makanan tidak diolah dengan sempurna, maka gula darah akan menurun sehingga tubuh akan mengira dirinya masih kekurangan makanan untuk menambah glukosa terus-menerus. Saking banyaknya makanan yang masuk akibat sering lapar, maka kadar gula darah juga semakin naik.

7. Luka Susah Sembuh

Ciri-ciri diabetes yang terakhir yaitu sulitnya luka untuk sembuh. Umumnya, luka kecil di tubuh akan menunjukkan proses pulih dalam sehari. Namun penderita diabetes membutuhkan waktu sangat lama untuk pemulihan luka. Tak jarang luka sepele bisa berkembang menjadi infeksi serius. Pada tingkat yang paling parah bisa berujung dengan tindakan amputansi agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi

Itulah ciri-ciri diabetes yang patut diwaspadai. Ketika mendapati sebagian besar gejala tersebut ternyata Anda alami, sebaiknya segera pastikan berapa kadar gula darah Anda menggunakan Fora 6 Plus. Jika hasilnya melebihi batas normal, segera hubungi pihak medis untuk pengobatan yang sesuai.

 

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin B1
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

four × 1 =