Menu

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe 2

Gejala Diabetes – Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh seseorang terlalu tinggi. Glukosa dengan jumlah wajar sebenarnya berperan penting dalam proses metabolisme tubuh sebagai sumber energi utama. Namun akan menjadi mengkhawatirkan saat jumlahnya berlebihan atau terlalu sedikit karena bisa memicu penyakit kronis lainnya.

Setiap orang berpotensi menderita diabetes karena penyakit ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sayangnya tidak semua orang mengenali gejala diabetes karena gejala awal penyakit ini memang nampak tidak terlalu serius. Padahal menurut National Institues of Health, pengenalan gejala diabetes sejak dini dan pengobatan yang tepat bisa mengurangi tingkat keparahannya sehingga resiko komplikasi bisa terhindarkan.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa gejala diabetes sesuai tipenya berikut ini agar Anda bisa melakukan deteksi dini:

Gejala Diabetes Melitus Tipe I

Penyakit diabetes tipe I ialah penyakit autoimun yang umumnya diobati dengan konsumsi insulin secara rutin. Tipe ini diakibatkan oleh kadar gula darah yang terlalu sedikit. Inilah gejala-gejalanya:

1. Mudah Kelelahan

Apabila Anda sedikit beraktivitas tapi selalu merasa kelelahan sepanjang hari, kemungkinan itu adalah pertanda penyakit diabetes tipe I. Orang normal pada umumnya baru akan merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas.

2. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Jika Anda tidak sedang melakukan diet dan makan secara normal tapi berat badan menurun secara drastis, Anda patut waspada. Hal tersebut disebabkan karena produksi gula dalam darah sangat sedikit sehingga tubuh Anda kekurangan energi.

3. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Salah satu gejala diabetes melitus tipe I yang paling terlihat adalah intensitas buang air kecil yang terlalu sering. Gejala tersebut muncul karena ginjal berusaha keras untuk membuang gula darah melalui urine sehingga penderita bisa berkali-kali ke toilet untuk kencing.

4. Selalu Merasa Kehausan

Gejala yang ini merupakan dampak dari terlalu seringnya seseorang bolak-balik buang air kecil. Tubuh menjadi kekurangan cairan sehingga penderita akan selalu merasa haus. Hal ini bsia diamati dari jumlah konsumsi air yang lebih banyak daripada biasanya.

5. Proses Penyembuhan Luka yang Sulit

Ketika tubuh mendapat luka kecil, wajarnya hanya butuh sehari untuk pulih kembali. Namun berbeda dengan orang dengan gejala diabetes melitus tipe I, luka pada penderita ini sangat susah sembuh. Luka yang tidak kunjung membaik bisa memicu infeksi yang lebih mengerikan.

Baca Juga: Cara Cek Kolesterol di Rumah dengan Tepat dan Mudah

Gejala Diabetes Melitus Tipe II

Beberapa gejala yang muncul pada tipe I juga dialami oleh penderita tipe II, yaitu terlalu sering buang air kecil, gampang haus, dan mudah kelelahan. Untuk gejala-gejala tipe II yang berbeda adalah sebagai berikut:

1. Kemampuan Penglihatan Menurun

Orang dengan penyakit diabetes tipe ini cenderung mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Mata menjadi tidak bisa fokus dan cenderung kabur untuk melihat.

2. Penurunan Massa Otot

Gejala diabetes melitus tipe II selanjutnya ditandai dengan berkurangnya massa otot. Penurunan tersebut mengakibatkan penderitanya gampang lemas dan tidak bergairah dalam beraktivitas. Tentunya gejala ini dibarengi dengan penurunan berat badan seperti pada tipe I.

3. Sering Merasa Lapar

Selain haus, penderita penyakit ini akan semakin sering merasa lapar sehingga konsumsi makanan melebihi biasanya.

4. Buang Air Kecil di Malam Hari Terlalu Sering

Serupa dengan gejala diabetes melitus tipe sebelumnya, penderita tipe II juga akan terlalu sering buang air kecil. Perbedaannya, pada tipe II, intensitasnya meningkat saat malam.

5. Luka Sering Berlanjut Infeksi

Luka yang dialami penderita diabetes tipe I akan sulit sembuh dan cenderung memakan waktu lama untuk membaik. Sedangkan pada tipe II ini, setiap luka akan mengalami infeksi menjadi semakin parah. Oleh karena itulah, dokter biasanya menganjurkan pasien diabetes untuk memakai sandal khusus diabetes untuk melindungi kaki yang mudah lecet.

Begitulah beberapa gejala diabetes melitus tipe I dan tipe II yang seharusnya diwaspadai. Pengenalan gejala sejak awal akan memperkecil kemungkinan komplikasi jika dibarengi dengan pengobatan khusus serta perbaikan pola hidup dan konsumsi makanan.

Alat Pengukur Gula Darah

Jika gejala-gejala tersebut Anda alami, sebaiknya segera cek kadar glukosa dalam darah Anda menggunakan perangkat Fora 6 Plus. Pengetesan dengan alat ini cukup praktis dilakukan sendiri dan hasilnya keluar dalam waktu singkat. Dapatkan Fora 6 Plus hanya di B1 Medika!

 

Free Konsultasi via Whatsapp (WA)

 

Saat ini ada PROMO PAKET SEHAT HEMAT

 

promo november

 

 

 

 

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin B1
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

five + twelve =