fbpx
Menu

Jaga Imunitas Tubuh Selama Wabah COVID-19 Melanda Indonesia

Dari awal merebaknya kasus virus corona (COVID-19), ajakan untuk rutin mencuci tangan serta menjaga imunitas tubuh. Cara ini mungkin dianggap remeh. Akan tetapi imbauan ini tidaklah tanpa alasan. Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito memaparkan penjelasan perihal pasien covid-19 atau penyakit virus corona dapat sembuh karena imunitas tubuh. Tubuh manusia mengidentifikasi virus sebagai musuh yang harus dilawan. Ini pun berlaku untuk virus covid-19. Cara melawan virus adalah dengan imunitas tubuh yang kuat.

Imunitas: Garda Terdepan Lawan Virus yang menyerang Badan

Saat virus (virus patogen penyebab penyakit termasuk virus corona) masuk ke badan manusia, menular lewat binatang serta manusia, badan akan menentukan virus sebagai musuh. Perjuangan tubuh melawan virus ini memperlihatkan adanya gejala pada pasien yang terinfeksi virus corona. Gejala tersebut yaitu demam, tubuh juga mulai merasakan batuk kering maupun sesak napas. Gejala tersebut muncul sebagai usaha tubuh melawan virus sebelum antibodi keluar. Saat antibodi telah keluar, virus akan dilawan sampai tak bisa bertahan di dalam badan. Kekuatan antibodi melawan virus ini teberhubungan erat pada seberapa kuat imunitas yang dimiliki seseorang.

Untuk itu menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting. Karena risiko dari corona meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh. Virus corona akan mencari peluang untuk hidup dalam tubuh makhluk hidup. Ketika berpindah dari hewan ke manusia, ia akan mencari tubuh yang paling rentan terinfeksi.

Cara untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari serangan berbagai penyakit maupun virus, terutama saat Virus Corona COVID-19 yang diketahui cepat penyebarannya sudah mulai mengawatirkan. Untuk itu penting sekali untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh saat ini. Lakukan kegiatan seperti berikut untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C

Agar kesehatan tetap terjaga Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini penting karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, sudah dapat dipastikan virus akan kalah oleh imunitas tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Konsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, , kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta daging tanpa lemak dalam porsi yang cukup bisa membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Beristirahat yang cukup

Waktu tidur yang diperlukan orang dewasa adalah kira-kira 7-8 jam dalam sehari. Sedangkan bagi anak-anak, waktu tidur yang diperlukan adalah 10 jam atau bisa lebih.

  1. Berolahraga secara rutin

Kebiasaan baik ini termasuk salah satu “kunci” dari imunitas tubuh yang kuat.

  1. Menjaga kebersihan diri

Supaya tidak gampang terserang penyakit, Anda juga harus menjaga kebersihan diri dengan baik. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri cuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah batuk, bersin, membuang sampah, menggunakan kamar mandi, atau mengganti popok bayi.

  1. Mengurangi Stres

Saat wabah pendemi corona ini semakin menyebar lebih baik Anda jangan terlalu kalut dan panik. Hal ini karena sebenarnya jika semakin stres, sistem imun kita juga makin lemah. Oleh karena itu lebih baik kita mrluangkan waktu untuk merilekskan pikiran dan badan. Anda bisa melakukan pemijatan di seluruh tubuh Anda. Selain mengendurkan otot-otot yang tegang, pijat juga bermanfaat memperlancar aliran darah dan menurunkan stres. Sebuah penelitian menunjukkan, pijat akan menaikkan sistem imun. Bahkan pijat selama 45 menit diketahui mengakibatkan perubahan sel darah putih dan limfosit yang bertanggung jawab melindungi tubuh dari infeksi kuman serta virus.

 

 

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

fifteen − 7 =