Menu

Mengapa Olah Raga Renang Sangat Direkomendasikan untuk Penderita Asma?

Mengapa Olah Raga Renang sangat Direkomendasikan untuk Penderita Asma?

Asma adalah penyakit yang menyerang pernapasan dan tentunya sangat menyiksa bagi para penderitanya. Bagaimana tidak menyiksa jika kita tidak bisa leluasa dalam bernapas saat berkatifitas terutama aktifitas yang berat, sehingga seakan kita memilki batas.

Namun, banyak dokter yang merekomendasikan olahraga renang sebagai olahraga terbaik untuk penderita Asma. Kira-kira kenapa ya?

Sejak dulu, renang merupakan olahraga yang disarankan untuk penderita asma, hal ini dikarenakan berenang tidak terlalu merangsang kambuhnya asma dibandingkan dengan olahraga lain.
Ini bisa disebabkan karena tingginya kelembaban udara di sekitar kolam renang. Karena itu, saluran pernapasan penderita asma tidak akan jadi terlalu kering sehingga menyebabkan iritasi.

Posisi tubuh yang mendatar (bukan tegak lurus) saat berenang juga memiliki efek yang positif terhadap saluran pernapasan penderita asma. Dibandingkan dengan olahraga lain, posisi tubuh ini akan membuat saluran pernapasan lebih rileks. Pasalnya, tubuh tidak perlu menopang terlalu banyak tekanan seperti jika Anda sedang berdiri. Di kolam renang, sebagian beban tubuh Anda akan ditopang oleh air.

Namun, untuk tetap mengontrol penrnapasan Anda selalu bawa Peak Flow Meter Philips yaa..

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin Medika
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.