fbpx
Menu

Menjaga Kesehatan Telinga

Cara Menjaga Kesehatan Telinga jika Sering Memakai Headset

Beurer HA 50

Menjaga Kesehatan Telinga – Memakai headset dalam waktu yang lama berisiko menimbulkan sejumlah masalah kesehatan pendengaran. Masalah yang paling sering terjadi adalah infeksi telinga.

Saat menggunakan headset, bakteri  dan kotoran yang menempel di sana dapat berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi. Infeksi berkepanjangan bisa mengakibatkan komplikasi berupa kerusakan telinga permanen. Infeksi telinga akibat memakai headset sebenarnya mampu dicegah bila mengetahui cara menjaga kesehatan telinga yang benar

Lebih sering membersihkan telinga

Headset bisa menghambat keluarnya kotoran telinga. Perlahan, kotoran telinga dapat menumpuk dan menjadi penyebab infeksi. Inilah sebabnya orang-orang yang sering menggunakan headset harus merawat telinga dengan rutin.

Bersihkan bagian luar telinga dengan cotton bud atau kapas Jangan memasukkan cotton bud ke dalam telinga karena bisa mendorong kotoran masuk lebih dalam. Ketika ingin mengeluarkan kotoran, gunakan obat tetes atau baby oil dahulu agar kotoran melunak.

 

Sebaiknya Tidak Berlebihan alam Menggunakan Headset

Menggunakan headset dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan risiko infeksi telinga. Selain itu, menyetel volume suara headset terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

Untuk itu, dokter menyarakan aturan 60 persen/60 menit, yang berarti:

-Atur volume suara maksimum agar tidak melebihi 60%.

-Batasi durasi pemakaian headset selama 60 menit.

 

Membersihkan headset secara rutin seminggu sekali

Tidak hanya menjaga kebersihan telinga, Anda juga harus membersihkan handset yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri berkembang biak di handset.

Cara membersihkan headset ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dalam bentuk air panas telah dicurahkan sabun, sikat gigi yang belum digunakan, dan kering. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Jika Anda menggunakan headset dengan silikon, lepaskan terlebih dahulu silikon tersebut.
  • Rendam silikon dalam air sabun selama beberapa menit, lalu kering dengan lap kering.
  • Gunakan sikat gigi untuk membersihkan headset. Namun, tidak boleh terkena air. Hal ini dapat dilakukan secara langsung jika Headset tidak memakai silikon.

Tidak membiarkan Headset Terpapar Kuman

Kadang kala Anda mungkin pernah meminjamkan headset kepada orang lain atau meletakkan headset di sembarang tempat. Untuk merawat serta menjaga kesehatan telinga, Anda yang sering memakai headset harus mulai berpikir ulang untuk meminjamkan headset ke orang lain dan menaruh sembarang headset Anda.

Kedua aktivitas tersebut dapat mempermudah perpindahan bakteri dari telinga orang lain, headset mereka, serta lingkungan sekitar ke telinga Anda. Sebisa mungkin, simpan headset Anda di tempat yang bersih dan jangan pinjamkan ke orang lain.

Namun, jika dirasa ada tanda-tanda gangguan pendengaran seperti

  • Telinga yang terasa sakit (nyeri yang terasa tajam, tiba-tiba atau ringan dan berkelanjutan)
  • Nyeri tajam disertai keluarnya cairan hangat dari saluran telinga
  • Merasa penuh di telinga
  • Mual
  • Pendengaran yang terasa meredam
  • Cairan yang keluar dari telinga

Segera periksakan ke dokter. Lalu jika Anda membutuhkan alat bantu pendengaran Anda dapat memilih produk yang tersedia di B1 Medika, yaitu Beurer HA 20 atau Beurer HA 50 sesuai kebutuhan

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

15 − 13 =