Menu

Sakit Tenggorokan Minyak Esensial

Pilihan Minyak Esensial Berikut Dapat Legakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan umum dialami oleh kebanyakan orang. Sakit tenggorokan adalah rasa gatal, sakit atau iritasi di tenggorokan yang terasa semakin sakit ketika menelan. Keadaan ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek atau flu. Akan tetapi, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, keadaan ini pastinya menyiksa apalagi dapat mempengaruhi nafsu makan kita. Untuk itu tak jarang kebanyakan orang ingin segera sembuh dari sakit tenggorokan ini. Minyak esensial termasuk salah satu obat alami untuk atasi sakit tenggorokan yang di gunakan di rumah. Hal ini dikarenakan minyak esensial ini dapat membantu meredakan peradangan, membunuh kuman, dan mempercepat penyembuhan.

Redakan Sakit Tenggorokan dengan Minyak Esensial

Minyak esensial atau yang disebut juga dengan minyak atsiri biasanya terbuat dari bunga, daun, atau akar tanaman tertentu. Minyak ini dihasilkan dari proses ekstraksi  bahan-bahan tersebut tanpa menghilangkan kandungan pentingnya. Berikut ini pilihan minyak esensial yang bisa  membantu meredakan sakit tenggorokan:

 

  1. Minyak peppermint

Banyak yang sudah megetahui jika Peppermint mengandung menthol yang dikenal juga sebagai bahan utama dalam obat pelega tenggorokan. Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Arabian Journal of Chemistry menjelaskan fakta bahwa minyak esensial peppermint memiliki sifat antibakteri yang mirip dengan antibiotik gentamisin (Garamycin). Selain itu, menghirup minyak peppermint dapat membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit di salah satu bagian sistem pernafasan manusia ini.

 

  1. Minyak thyme

Minyak Thyme berasal dari tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Thymus vulgaris. Tumbuhan ini merupakan anggota keluarga mint, dan digunakan untuk memasak, obat kumur dan aromaterapi.

Thyme merupakan  salah satu minyak esensial yang mempunyai kemampuan antibakteri cukup kuat sehingga mampu melawan bakteri yang kebal terhadap antibioik. Selain itu, tyhyme juga mampu mengurangi kejang otot sehingga dapat mencegah batuk yang kadang kala membuat rasa sakit tenggorokan semakin parah.

 

  1. Minyak eucalyptus

Eucalyptus ialah sejenis pohon yang daun dan minyaknya dapat digunakan untuk membuat obat.Minyak ini juga dikenal sebgai minyak kayu putih. Eucalyptus banyak digunakan sebagai bahan antiseptik untuk sakit tenggorokan,  batuk, dan mengobati pilek Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Pharmaceutical Biology para peneliti mendapti bahwa minyak esensial eucalyptus memiliki kandungan antibakteri yang cukup kuat. Oleh sebab itu, minyak  ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menangulangi sakit.

  1. Minyak lavender

Selain dapat membuat  tidur menjadi semakin nyenyak, minyak lavender juga dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan minyak esensial ini  mengandung antiradang dan antimikroba.

  1. Minyak jahe

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam  buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition dikatakann jika jahe mengandung  antiradang yang dapat mengurangi sakit tenggorokan. Maka dari itu, minyak esensial yang satu ini dapat menjadi pilihan yang baik bila nyeri terasa menyiksa.

Cara Mengaplikasikan minyak esensial untuk sakit tenggorokan

Bila Anda tidak tahu cara menggunakan minyak alami ini, Anda pastinya  akan mendapatkan manfaatnya. Berikut bebebrapa cara pemakaian  minyak esensial yang dapat Anda lakukan untuk menangani sakit tenggorokan:

Menghirup secara langsung

Anda  dapat menghirup minyak esensial secara langsung Caranya dengan menambahkan 2 sampai 3 tetes minyak esensial ke bola kapas atau saputangan. Lalu, tarik napas dalam-dalam kemudian rasakan aromanya masuk ke dalam hidung sampai tenggorokan Anda.

Menggunakan alat atau perantara  diffuser

Diffuser adalah alat untuk membantu menguapkan minyak esensial  lalu menyebarkannya ke seluruh ruangan di rumah. Anda hanya butuh menambahkan 3 sampai 5 tetes minyak ke dalam diffuser untuk merasakan manfaatnya

Intip Juga Koleksi Diffuser: Klik Di Sini

Mengoleskan ke kulit

Selain dihirup, minyak esensial juga dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dengan metode dioles ke kulit. Tambahkan 10 tetes minyak esensial dengan 2 sendok makan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau jojoba.

Lalu, oleskan pelan-pelan ke area kulit di sekitar leher. Namun harus diingat, jangan mengoleskan minyak ini langsung ke atas permukaan kulit tanpa mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawanya agar terhindar dari resiko efek samping alergi atau masalah kulit lainnya.

About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

one × 4 =