fbpx
Menu

Ternyata Berendam dengan Air Panas Dapat Menyehatkan Jantung

Pulse Oximeter Beurer PO 80

Selama ini Sobat B1 Medika pasti mengira jika berendam air panas hanya berpengaruh kepada kesehatan jiwa dan kulit saja. Ternyata ada fakta menarik lainnya loh!

Tim penelitian di Jepang yang dipimpin oleh Prof. Katsuhiko Kohara, dari Faculty of Collaborative Regional Innovative di Ehime University mempublikasikan penelitiannya mengenai hal ini pada jurnal Scientific Reports.

Prof. Kohara dan Timnya mengikutsertakan sebanyak 873 peserta berusia 60 sampai 70 tahun dan menanyakan mereka mengenai kebiasaan berendam air panas di sauna.

Kemudian, peneliti menilai kesehatan jantung para peserta, dengan cara mengukur kecepatan denyut nadi brakialis pada kaki yang jadi patokan ukuran aterosklerosis. Mengukur juga tingkat plasma peptida natriuretik tipe B, yang jadi patokan mengukur muatan jantung.

Selanjutnya, peneliti juga mendata 164 peserta yang menjalani minimal 2 kali pemeriksaan medis. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang rutin berendam air panas setidaknya 5 kali dalam seminggu memiliki efek yang bermanfaat ada jantung mereka, yaitu menurunkan risiko aterosklerosis dan penurunan muatan jantung.

Penelitian menunjukkan hasil yang tidak berbeda jauh. Orang yang rutin berendam air panas, sebanyak empat hingga tujuh kali seminggu memiliki risiko stroke dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah. Risiko kedua penyakit tersebut menurun sekitar 60 persen dan 46 persen dibanding orang yang berendam air panas satu kali seminggu.

Peneliti percaya bahwa uap panas bisa melancarkan sirkulasi darah pada jantung dan mempercepat detak jantung jadi lebih cepat, sama saat Anda sedang berolahraga. Berendam air panas juga meningkatkan kemampuan pernapasan jadi lebih baik. Suhu air dan tekanan yang ada pada dada bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak.

Namun, menjaga kesehatan jantung bukan hanya sekadar rutin berendam air hangat saja. Anda benar-benar harus memerhatikan pola makan sehingga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terkontrol. Selain itu, Anda juga bisa rutin mengecek kadar oksigen dalam darah serta denyut jantung Anda dengan menggunakan Pulse Oximeter Beurer PO 80 yaa

 

Sumber: hellosehat.com

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
Telegram
About the Author : Admin Shop
0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

five × 3 =